Delhi TRIBUNNEWS.COM-Apple yang memiliki jaringan produksi di China dan India terpaksa menutup beberapa pabrik perakitan iPhone. Bulan lalu, bentrokan sengit terjadi di perbatasan antara India dan China, menewaskan 20 tentara India. Saat ini, otoritas India memblokir semua aktivitas transportasi dari China ke India. Alhasil, komponen iPhone buatan China itu tertahan di sana. Meski komponen tersebut harus dirakit di India untuk menjadi proses iPhone-seperti dikutip Reuters, Foxconn, produsen mitra Apple di India, belum menerima komponen untuk diproses. Akibatnya, ratusan karyawan tidak punya pekerjaan.

Lebih dari 150 kargo dari pabrik China ke Foxconn India sekarang tertahan di pelabuhan Chennai.

Foxconn memiliki dua pabrik di India dan berlokasi di Tamil Nadu dan Andhra Pradesh.

Baca: Sesuai Spesifikasi dan Harga, Apple iPad Pro 2020 dan MacBook Air Resmi Dijual di Indonesia. Apple sendiri sudah mulai memproduksi model iPhone tertentu di India. India mulai pada awal tahun ini. Pabrik Foxconn di India bertanggung jawab untuk memproduksi beberapa model iPhone, seperti iPhone SE hingga iPhone XR.

Baca: Apple telah menambahkan aplikasi khusus untuk membuka pintu BMW

iPhone diproduksi di India, dan Apple berharap dapat memperluas pasarnya, India menjadi salah satu negara yang sulit dimasuki Apple.

Baca: Menanggapi Diskriminasi terhadap Huawei, China Sasar Apple, Boeing, dan Raksasa Teknologi Amerika Lainnya-Selama Ini Harga Produk iPhone India Terasa Terlalu Mahal. Salah satu penyebabnya adalah pajak impor yang tinggi.

Lewat produksi dalam negeri, Apple berharap produknya bisa diterima, karena harganya bisa turun tipis.

Hambatan ini semakin meningkatkan aktivitas Apple. Apple telah mengalami kesulitan sejak pandemi.

Keunggulan komponennya di China akan dipertahankan secara otomatis dan sulit dialokasikan.

Alhasil, Apple menunda perilisan iPhone SE 2 beberapa waktu lalu. Rilis seri iPhone 12 juga akan ditunda. Publisher: Prihastomo Wahyu Widodo

Artikel ini pernah tayang di Braash India-China dengan judul Cash, Apple berhenti memproduksi iPhone di India

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *