TRIBUNNEWS.COM-Meski PSBB transisi di Jakarta memungkinkan dibuka kembali fasilitas umum, tidak serta merta meningkatkan penjualan pengusaha mikro. Mereka perlu melanjutkan upaya mereka untuk menarik pelanggan, terutama mereka yang masih mempertahankan bisnisnya secara offline.

Oleh karena itu, usaha kecil dan menengah harus mampu memanfaatkan teknologi digital agar kegiatan usahanya dapat terus berjalan. Bahkan jika mereka melakukannya di rumah. Gunakan platform digital HP untuk memberikan pelatihan konversi digital kepada UMKM sehingga UKM yang terkena dampak dapat bertahan dan bahkan tumbuh secara normal.

Aplikasi manajemen bisnis yang berguna ini memungkinkan UKM untuk secara teratur mengelola sumber daya mereka, meningkatkan kinerja karyawan, dan merencanakan kesehatan keuangan Anda.

Apa aplikasi ini? Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan sesuai kelebihannya.

Manajemen Pekerja

Saat ini, manajemen PSBB pekerja yang bekerja di rumah (yaitu bekerja di rumah) merupakan tantangan tersendiri. Oleh karena itu, UKM dapat memanfaatkan aplikasi manajemen sumber daya manusia seperti HR Sleekr, Attendance dan Talenta HR atau Zoho People.

Aplikasi ini memiliki kelebihan seperti pemuatan informasi yang detail dan database karyawan yang teratur, yang dapat memberikan manajemen yang efisien, sehingga mencapai proses manajemen kantor yang lebih cepat, dan menghitung gaji karyawan secara akurat dan efisien dalam satu aplikasi , Lacak kehadiran karyawan, kelola tinjauan kerja dan proses data karyawan yang ada. Bahkan karyawan dari semua cabang baik-baik saja.

Contoh spesifik yang banyak diuntungkan adalah start up Kartunama, yang menggunakan aplikasi Sleepkr dalam pengelolaan sumber daya manusia untuk meningkatkan kinerja dan menjaga efisiensi usaha. Produksi dan operasi – bahkan di era PSBB, produksi dan operasi merupakan tantangan terbesar yang harus diatasi. Oleh karena itu, untuk membuat operasi produk berkelanjutan dan bahkan meningkatkan efisiensi, aplikasi yang tepat dapat digunakan.

Misalnya, aplikasi ECount ERP, Infor VISUAL, SAP Business One dan HashMicro. Aplikasi ini dapat digunakan dalam proses manajemen operasi sehingga semua operasi produksi individu dapat berjalan secara otomatis dan meningkatkan produktivitas.

Unit bisnis Asian Citra Pratama Clothing (ACP) telah merasakan kemudahan penggunaan tersebut. Menurut laporan di situs SAP, penggunaan ERP dapat membantu ACP mengintegrasikan pemrosesan data di cabangnya dan membantu meningkatkan efisiensi operasional hingga 50%.

Selain itu, aplikasi Deskera memberikan solusi lengkap untuk usaha kecil dan menengah. Deskera didirikan pada tahun 2008 dan memproduksi serangkaian perangkat lunak yang berfokus pada penjualan, produk, penggajian, dan manajemen keuangan.

Sejak berdiri beberapa tahun lalu, Deskera telah berhasil menjadi salah satu dari lima besar perangkat lunak di Indonesia. FROST & SULLIVAN memenangkan Penghargaan Praktik Asia Pasifik 2015, dan CIO Asia Pasifik terpilih sebagai salah satu dari 10 penyedia solusi ERP teratas pada tahun 2017 dan menerima banyak pujian.

Jika tertarik dengan aplikasi ini, kamu bisa memilih untuk membeli HP Probook x360 senilai 7 juta rupiah untuk mendapatkan 1 tahun gratis layanan bisnis UKM Go Digital Deskera!

Promosi Merek

Promosi merek adalah hal terpenting untuk mempercepat pertumbuhan bisnis Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus membuat situs web sendiri untuk bisnis Anda.

Dengan cara ini, konsumen dapat melihat produk atau layanan yang Anda miliki, dan kemudian mereka dapat membelinya.

Untuk memiliki situs web sendiri, Anda dapat memanfaatkan platform pembuat situs web gratis seperti WIX, WebsiteBuilder, Weebly, dll.

Perhatian khusus, harap diingat untuk memberikan desain situs web profesional mungkin untuk meningkatkan kepercayaan konsumen potensial terhadap produk atau layanan Anda. — Selain situs web, agar merek bisnis Anda semakin dikenal, harap gunakan optimisasi mesin pencari (SEO) alias operasi atau praktik untuk mengoptimalkan situs web Anda sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan merek atau situs web Anda melalui pencarian Mesin atau mesin pencari.

Optimasi SEO situs web Anda dapat dilakukan dengan menggunakan tombolBuat website low load dengan kata-kata dan konten yang tepat terkait bisnis Anda sehingga bisa diakses dengan cepat untuk secara konsisten menampilkan konten yang relevan kepada pengunjung dan tentunya produk Anda. Semakin tinggi posisi pencarian pertama maka website Anda akan dikunjungi oleh banyak orang dan akan mempengaruhi penjualan Anda. Dapat meningkatkan penjualan.

Selain menggunakan situs web dan media sosial yang disebutkan di atas, platform lain (seperti manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan otomatisasi) juga dapat digunakan untuk pemasaran guna meningkatkan efisiensi pemasaran guna mendorong pengembangan bisnis. -Misalnya, untuk mengelola hubungan pelanggan secara efektif dan efisien melalui aplikasi CRM seperti Hubspot, Zoho, dan Agile. –Pada saat yang sama, untuk menjalankan serangkaian aktivitas pemasaran otomatis yang kompleks dan komprehensif, Anda dapat menggunakan hal-hal seperti Marketo, MTarget, dan Act-On.

Situs MTarget melaporkan bahwa banyak startup seperti Taniboz, Cicil, Circle dan Moka telah menggunakan fungsi pemasaran otomatis MTarget untuk mengoptimalkan pemasaran. Dengan menyediakan produk terbaik kepada pelanggan, manajemen rencana pemasaran akan lebih efektif dan efisien, dan efek terbesar akan diperoleh.

Menggunakan platform digital yang disebutkan di atas sebenarnya tidak menjamin manfaat langsung apa pun bagi Anda, tetapi harap diingat bahwa menggunakan platform digital ini dapat membantu usaha kecil dan menengah seperti Anda meningkatkan efisiensinya selama volume kedua PSBB seperti saat ini. Dan efisiensi operasi bisnis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *