Laporan reporter Tribunnews Hendra Gunawan-Jakarta, TRIBUNNEWS.COM-Belum lama ini, pembobolan data pribadi warga Indonesia menghebohkan dunia maya Tanah Air. Operator telekomunikasi itu mendadak dituding berada di balik kasus tersebut.

Ruby Alamsyah, pakar forensik digital, juga menganalisa kejadian tersebut.

Menurut analisis sementara Ruby, berdasarkan opini yang beredar di jejaring sosial, gambar tersebut tampak seperti tampilan teknis akses jarak jauh ke server operator seluler untuk menampilkan data pengguna operator telekomunikasi. Kalau benar-benar sebuah teknologi pasti akan banyak jejak digitalnya, kita bisa menemukannya dengan mudah, ‚ÄĚjelas Ruby dalam siaran persnya, Rabu (7/8/2020). Ditambah dengan bocoran data yang terjadi selama ini. — -Bocoran nama, NIK, dan nomor KK bisa didapat dari berbagai sumber. Selain itu, data pribadi KPU juga diungkap. Dari server operator tertentu. Nomor NIK dan KK bisa didapat dari kebocoran data KPU. Nomor ponsel bisa didapat dari nomor grup WA ” “Penjelasan Ruby”. Diberikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa laporan bocoran datang dari penyedia jasa belanja online, ojek online, bahkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di KPU. Lebih hari ini Tes saksi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *