Laporan reporter Tribunnews.com Hari Darmawan

Jakarta TRIBUNNEWS.COM-Badan Jaringan dan Enkripsi Nasional (BSSN) menilai di balik banyaknya manfaat yang diberikan oleh layanan cloud atau komputasi awan, terdapat kerentanan pencurian data. – BSSN Bondan Direktur kontrol informasi, investigasi, dan forensik digital Widiawan mengatakan bahwa komputasi awan meningkatkan efisiensi dengan mempromosikan praktik kolaboratif interaktif. Namun, menurut Bondin, teknologi tersebut menimbulkan ancaman atau celah, dan pihaknya akan mengidentifikasi setidaknya tiga celah. Perwakilan kerja sama Microsoft 365, yaitu orang-orang yang mencoba menyusup ke sistem, ” kata Bondin di BSSN-Huawei Cyber ” Teknologi cloud, Jumat (10/9/2020).

Lalu lanjutkan ke Bondan.Hal kedua adalah ancaman bagi makhluk super, seperti berhubungan di tempat berbeda pada waktu yang hampir bersamaan, yang sebenarnya Tidak sepertinya. “Misalnya, saya dari Singapura, saya log in dari Singapura, lalu saya log in dari Amerika Serikat dua menit kemudian, dan sistem mendeteksi bahwa ini menunjukkan kelainan,” kata Bondan.

Selain itu, Bondan menjelaskan bahwa yang ketiga terkait investigasi forensik digital atas kejahatan sistem komputer. . produk tasi.

Baca: Tingkatkan Solusi Digital, Bank Muamalat Gandeng Oracle Cloud

“Terkadang aparat penegak hukum atau BSSN kesulitan mengambil data. Karena cloud tidak sesuai, terletak di lokasi terpencil, Bondin mengatakan:” Tidak hanya Dengan cara tersebut, Bondan juga menyebutkan bahwa risiko lainnya adalah pencurian informasi. Ini mungkin disebabkan oleh konfigurasi yang tidak tepat atau alasan lain. — Baca: Arupa memperkenalkan Cloud Desktop ke Bondan dan merekomendasikan untuk menjaga efisiensi kerja selama WFH-untuk mencegah pencurian informasi ini, tata kelola yang baik dan firewall yang sangat ketat dapat diterapkan. “Kita lihat kemarin pada 2019-2020. Lewat pencurian data, ini realita,” kata Bondin.

Bondan melanjutkan, jika tidak ada standar tata kelola yang baik di dalam perusahaan dan organisasi, hal ini dapat dihindari, jika tidak maka akan sulit untuk melindungi dan mengekstraknya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *