Laporan Reporter Tribunnews.com Choirul Arifin

Jakarta, TRIBUNNEWS.COM-Baru-baru ini, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) berhasil mendaftarkan nama domain Javanes Script (Hanacaraka) ke Perusahaan Internet untuk menetapkan nama dan nomor (ICANN) .

Setelah sukses, PANDI kini bersiap untuk mendaftarkan bahasa daerah lain di Indonesia pada institusi yang sama.

Aksara daerah yang akan didaftarkan di ICANN adalah aksara Sunda, Bali, Rejang, batak, bugis dan makassar. Pasalnya, kecuali aksara Jawa, hanya 6 aksara ini yang sudah dibakukan di UNICODE. Yudho menyampaikan dalam siaran persnya pada Jumat, 5 Juni 2020 bahwa seluruh karakter yang ada di Indonesia akan tetap didaftarkan sebagai Internationalized Domain Names (IDN) sebagai bentuk pelestarian spesifik di dunia digital. -Baca: PANDI mendapat persetujuan pemerintah , Lanjutkan registrasi domain aksara jawa di ICANN

Yudho menjelaskan proses registrasi kali ini akan lebih mudah, karena 6 karakter tersebut sudah terdaftar di Unicode.

Heru, PANDI Business Development and Marketing Assistant Nugrojo mengatakan, untuk mencapai tujuan tersebut, menjaga ciri khas daerah membutuhkan dukungan dan sinergi yang baik dari semua pihak.

“Kami berharap upaya yang kami lakukan dapat memperoleh manfaat dari dukungan berbagai daerah. Helu mengatakan: “Kami akan menghimbau kepada pemerintah atau penggiat literasi di semua daerah, dan kami akan mendaftarkan karakter-karakter tersebut sebagai nama domain.”

Upaya ini harus menjadi perhatian banyak pihak dan dapat dilakukan dengan baik. Kerja sama untuk menyederhanakan dan mempercepat proses pendaftaran karakter daerah ICANN.

Saat ini, PANDI sedang berkomunikasi dengan beberapa komunitas penggiat aksara lokal untuk menggalakkan pendaftaran .

Baca: Empat penulis tunggal telah mendirikan “Rumah Pelita Aksara Indonesia” – Kegiatan yang digagas PANDI sudah Dapatkan dukungan kuat dari komunitas aktivis literasi lokal lainnya, ini adalah catatan sukses sebelumnya dari pengaruh tulisan Jawa (hanacaraka).

Beberapa komunitas yang mengaku siap bekerjasama untuk mendukung Pandi saat ini adalah Sun Dan dan komunitas penulis Bali.

Auparawa nt PANDI telah mendaftarkan aksara Jawa (hanacaraka) ke ICANN. Sejauh ini, prosesnya hampir selesai dan hanya menunggu tanggapan persetujuan sekitar 8 minggu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *