JAKARTA TRIBUNNEWS.COM-Konsep dapur bersama yang disebut “Cloud Kitchen” ternyata membawa manfaat besar bagi usaha kecil dan menengah.

Konsep “cloud kitchen” mulai dikembangkan oleh penyedia layanan (seperti GoFood, GrabKitchen, dan Kulina) untuk memberikan layanan, bahkan tidak memberikan peluang bagi usaha kecil dan menengah untuk memperluas pasar, tetapi mereka juga bisa mendapatkan keuntungan paling banyak.

Analisis Bhima Yudhistira Adhinegara, Ekonom Institut Pembangunan Ekonomi dan Keuangan (Indef), didasarkan pada pengamatannya saat pandemi Covid-19. Prospek jasa pengiriman sangat optimis, karena konsep bekerja dari rumah yang dikemukakan pemerintah justru memicu permintaan jasa pengiriman. Inovasi Cloud Kitchen ini mirip dengan berbagi pabrik yang diterapkan di industri. Oleh karena itu, ini adalah wujud ekonomi berbagi yang sangat cocok untuk momentum di era pandemi ini, karena banyak orang sekarang bekerja dari rumah.

Prospek food delivery sangat cerah “, kata Bhima Yudhistira baru-baru ini. Samsung merilis Galaxy S20 + versi BTS yang merupakan spesifikasi dan daftar harga ponsel Samsung pada Juni 2020 — konsep cloud kitchen mirip food court, namun Bedanya tidak bisa digunakan untuk pengiriman. Berkat Cloud Kitchen, UMKM tetap menjadi pemilik usaha, namun tetap bisa mendapatkan dukungan teknis dan fasilitas dapur dari penyedia jasa pengiriman.

Baca: Promosi terbaru Vivo , Vivo smartphone Y50 dengan harga saat ini Rs 34,99 crore dan bonus yang lumayan — Bhima memperkirakan dengan menambahkan konsep Cloud Kitchen, UMKM yang mendirikan bisnis tersebut dapat menekan biaya operasional, karena biaya pembelian peralatan dan sewa tempat merupakan modal totalnya 70-80% dari biaya. -Baca: Bekerja sama dengan Disney, Oppo meluncurkan versi mainan Toy Story Eco W11 Disney dan Pixar -dengan bergabung dengan Cloud Kitchen, risiko UMKM berkurang karena menghilangkan sewa atau Beban merenovasi gedung, menyediakan ruang makan bagi yang ingin makan di sana. Memberikan layanan yang lebih cepat kepada konsumen dan menyiapkan infrastruktur dapur.

“Biarkan mereka bergabung dengan Cloud Kitchen karena keberadaan mereka Tidak akan menggerus pasar [UMKM] itu sendiri, tapi bisa melahirkan wirausahawan kuliner. Pasar kami sangat besar, dengan 260 juta orang, dan rasio wirausaha hanya 3,1%, ”jelas Bhima.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *