TRIBUNNEWS.COM-Puasa saat pandemi Covid-19 memang membutuhkan perhatian khusus. Bagaimana cara agar tetap sehat saat berpuasa dan terhindar dari virus corona?

Yuk simak saran ahli gizi dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta, R. Dwi Budiningsari, SP. , M.Kes. Dr. Ketua Program Gelar I Siklus Gizi Sehat Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM merekomendasikan langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kesehatan yang baik. Rahasia untuk tetap sehat saat perut kosong selama pandemi rabies? R. Dwi Budiningsari, SP. , M.Kes. , Ph.D dikutip dari situs resmi UGM “Cara menjaga pola makan sehat dan seimbang berdasarkan ukuran makanan di piring saya.” Perhatikan menu sahur dan anjurkan mengonsumsi karbohidrat kompleks dan serat, karbohidrat dan serat ini. Butuh waktu lama untuk dicerna menjadi energi.

Dengan cara ini, energi yang dihasilkan akan bertahan lebih lama dan waktu untuk kenyang lebih lama. -Misalnya seperti beras merah, kentang, roti gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, oat dan ubi. Selain itu, konsumsilah sayuran hijau, brokoli, wortel dan makanan lain yang kaya serat, vitamin dan mineral.

Pada saat yang sama, protein dapat diperoleh dari sumber hewani dan nabati, seperti ikan, telur, ayam, daging, kedelai, dan tahu. . Makan buah-buahan, seperti semangka, pepaya, melon, jeruk, buah naga, dll juga penting. Batasi gula pasir dan tetap konsumsi 2 liter air atau setara dengan 8 hingga 9 gelas air setiap hari dari buka sampai subuh.

Rekomendasi selanjutnya adalah membatasi konsumsi gula, karena gula mempengaruhi sel-sel kekebalan, sehingga melindungi tubuh dari penyakit.

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang Islam dan Ramadhan? Anda dapat mengajukan pertanyaan dan berkonsultasi langsung dengan Ust’s Islamic Consultation. Zul Ashfi, S.I. Lc

Kirim pertanyaan Anda ke consult@tribunnews.com

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Kolom Konsultasi Islam Tribunnews.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *