TRIBUNNEWS.COM-Zakat fitrah adalah kewajiban seluruh umat Islam.

Zakat adalah salah satu rukun Islam dan salah satu isi utama penerapan hukum Islam. — Oleh karena itu, hukum zakat adalah wajib bagi setiap muslim dan muslimah yang memenuhi syarat tertentu.

Menurut Dompetdhuafa.org, zakat fitrah harus digunakan di tahun kedua Shakban dalam Islam.

Sejak saat itu, zakat fitrah telah menjadi biaya wajib bagi setiap muslim yang mampu untuk membayar malam dan hari raya Idul Fitri.

Bacaan: Selain Zakat Fitrah, Ada Zakat Maal, Penjelasan Aset Yang Harus Diberikan

Bacaan: Umat Islam Desak Bayar Zakat Fitrah Gegas Saat Pandemi Covid-19, Berikut ini adalah pedoman-pedoman selain untuk membahagiakan hati orang miskin di hari raya Idul Fitri, juga bertujuan untuk menghilangkan dosa-dosa kecil yang mungkin ada saat berpuasa.

Para ulama sepakat bahwa zakat fitrah akan mengatakan kepada setiap orang yang berdasarkan Hadits Ibn Umar ra:

“Rasulullah melihat Zakat Fitrah Rakat fitrah wajib melayani setiap Muslim atau budak merdeka, pria atau wanita, dengan kurma atau gandum selama Ramadhan. “

(HR. Bukhari Muslim)

Menurut Hadits, pemuja Zakat Akan ada kewajiban untuk setiap Muslim (apakah merdeka atau budak, terlepas dari jenis kelamin, ukuran, kaya atau miskin). Punya pertanyaan tentang Islam dan Ramadhan? Anda dapat mengajukan pertanyaan dan berkonsultasi langsung dengan Ust. Sul, Ajaran Islam Zul Ashfi Lc

kirimkan pertanyaan Anda ke consult@tribunnews.com

untuk informasi lebih lanjut kunjungi Kolom Konsultasi Islam Tribunnews.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *