Jakarta, TRIBUNNEWS.COM – di lantai tiga Masjid Lautze, tepatnya di kamar sekretaris, adalah foto Abdul Karim bersama Buya Hamka dan Soekarno. Masjid Lautze memiliki sejarah panjang.

Pendiri Abdul Karim Oei Tjeng Hien adalah teman dekat presiden pertama Indonesia Soekarno dan Ketua Komite Ulama Indonesia (MUI) Buya Hamka yang pertama.

Abdul Karim Oei adalah singkatan dari pendiri Organisasi Etnis Muslim Tionghoa Indonesia, yang dikenal sebagai Asosiasi Islam Tionghoa Indonesia (PITI). Masjid Lautze didirikan oleh Yayasan Haji Karim Oei dan sekarang dijalankan oleh Ali Karim Oei (65), putra bungsu Abdul Karim Oei.

“Dia (Abdul Karim) adalah keturunan Tionghoa Indonesia. Dia masuk Islam pada tahun 1930-an dan berkata,” kata Ali di galeri. , Terletak di pusat kota Jakarta. Masjid ini dibangun di Chinatown. Di masjid ini, jika orang Cina memeluk atau memahami Islam, mempelajari bahasa Shalat dan membaca Al-Quran, mereka akan dibantu dan dibimbing. Ali berkata: “Ini juga merupakan pusat informasi dan tempat bagi orang-orang Cina untuk belajar Islam.”

Roh Abdul Karim Oei (Abdul Karim Oei) memperkenalkan Islam ke masa depan Kelanjutan perkembangan minoritas Tionghoa. Sejak 1997, pada 2019, masjid Lautze telah memberikan layanan kepada orang-orang yang ingin berdamai menurut Islam. Meskipun masih ada 1.531 orang, kebanyakan dari mereka berasal dari Cina. “” Kami membuat Masjid Lautze, dan kami menemukan bahwa banyak Muslim juga membawa Cina. Karena kami berkhotbah untuk Cina. Ribuan dari kami bertobat sesuai dengan Islam. “Dia berkata .– – Ali mengatakan bahwa Islam adalah Rahmatan Lil Alamin, yang merupakan berkah bagi alam semesta. Tidak ada perbedaan untuk suku. “Karena itu, kami berkhotbah di lingkungan Cina,” lanjutnya.

Baca: Pilkada serentak ditunda sampai pandemi COVID-19 diselesaikan

Di lantai tiga masjid Lautze, tepatnya di kamar sekretaris ada foto Abdul Karim bersama Buya Hamka dan Soekarno. Ketiganya mengenakan pakaian hitam dan putih.

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang Islam dan Ramadhan? Anda dapat mengajukan pertanyaan dan langsung berkonsultasi di konsultasi Islam U. Zul Ashfi, SSI, L-kirim permintaan Anda ke Consultation@tribunnews.com- Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Tribunnews.com Islamic Bagian Konsultasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *