TRIBUNNEWS.COM-Kesepakatan sanitasi yang perlu dilaksanakan saat pandemi Covid-19 mendorong bea cukai di berbagai daerah menggelar pertemuan virtual untuk merayakan Idul Fitri 1441H. Pertemuan yang diadakan di tingkat nasional dan daerah, selain untuk memperkuat sinergi juga untuk meningkatkan koordinasi selama pandemi Covid-19.

Bea dan Cukai Kaltim pada Rabu (27/05) dengan kantor pabean wilayah yaitu Pabean Balikpapan, Pabean Samarinda, Pabean Bontang, Pabean Sangatta, Pabean Tarakan dan Pabean Nunukan.

Rusman Hadi, Kepala Adat Kaltim, mengatakan: “Momentum ini akan semakin memperkuat adat istiadat, khususnya di Kalimantan Timur. Selama pandemi Covid-19 mohon jaga dan jaga kesehatan,” kata Rusman .

Tak ketinggalan, Bea Cukai Maluku juga menggelar pertemuan serupa dengan Bea Cukai Ambon pada Rabu (27/5), Kantor Pajak Bea dan Konsumsi Tual dan Ternate. Erwin Situmorang, Kepala Kantor Pabean Maluku, menegaskan kepada karyawannya: “Setiap karyawan harus terus meningkatkan, meningkatkan integritas dan profesionalisme, serta memberikan kinerja terbaik bagi organisasi dan negara” kata Erwin .

Tidak hanya dinas dan kantor wilayah yang berada di basis bisnis kepabeanan di Surong, tetapi juga mengikuti virtual meeting yang diselenggarakan oleh kantor bea cukai wilayah Papua pada Selasa (26/5). Gerald Prawira Hasoloan dari Pabean Sorong mewajibkan seluruh karyawan tetap beraktivitas fisik dan berjemur agar terhindar dari Covid-19.

Al Titus Leonard Purba salah satu kapten kapal patroli BC 9001 juga berkesempatan untuk berbincang dengan Ministe. Di hari yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati turut serta dalam kegiatan halal yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan.

Demikian pula dengan dorongan Hari Raya pada Kamis (28/05), Bea dan Cukai Merauke berpartisipasi dalam temu agama virtual (tausiyah) yang diselenggarakan oleh seluruh adat Indonesia. Dan penunjukan kantor pajak konsumsi. Konferensi keagamaan online ini diselenggarakan oleh KH Abdullah Gymnastiar, atau lebih dikenal dengan sebutan ʻAa Gym ”. Dalam sambutannya Aa Gym menegaskan bahwa manusia harus memiliki hati yang ikhlas, bersabar, lebih tekun dan percaya bahwa Allah akan selalu menyertai kita. Aa Gym juga berpesan agar kita selalu meningkatkan bekal ilmu agama dan menjaga hubungan erat dengan ulama, orang baik dan orang miskin.

Bea Cukai Jabar juga menggelar resepsi virtual pada 26-27 Mei 2020, satu unit kerja di lingkungan Jabar. Saipullah Nasution, Kepala Kantor Bea Cukai Jawa Barat, menyampaikan pesan yang disampaikan Menteri Keuangan kepada petugas bea cukai sebagai berikut: “Menteri Keuangan mengucapkan terima kasih dan terima kasih kepada pihak bea cukai. Dalam hal ini adat telah melaksanakan tugasnya dan integritas serta dedikasinya tidak akan berkurang. Pula menyimpulkan bahwa dia merekomendasikan agar kita selalu berperan aktif dalam memberikan solusi terbaik. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *