Negara Bandon TRIBUNNEWS.COM-Sebagai bagian dari pengawasan barang ilegal, terutama untuk mencegah masuknya narkotika ke Indonesia, petugas bea dan cukai tidak menghentikan peredarannya, namun tim anjing pelacak narkoba juga berperan (K-9).

Hendra Prasmono, Kepala Kanwil Bea dan Cukai Bali Nusra mengungkapkan, pasukan K-9 digunakan untuk operasi pengawasan guna mencegah narkoba masuk wilayah Indonesia melalui angkutan luar negeri dan barang bawaan penumpang.

“Hingga 2020 Pada Mei 2005, tim K-9 kami berhasil menggagalkan 7 kasus penyelundupan berbagai narkotika, 5 di antaranya berhasil dihindari karena pengiriman, ada pola tersembunyi di dalam paket, dan ditemukan 2 kasus lagi. Katanya: “Di bagasi penumpang yang masuk lewat Bandara Internasional Lombok.” Ucapnya .

Bacaan: Bea Cukai dan Bea Cukai Banyuwangi Tak Meloloskan Ribuan Rokok Ilegal di seluruh Bali

– “Dalam 7 ini Dalam satu kasus didapatkan bukti, bukti menunjukkan jumlah maksimal obat golongan I adalah 72,33 gram dan jumlah amfetamin 12. ) “

Dia juga menjelaskan bahwa ini adalah cara untuk mengelabui petugas bea cukai. Beberapa paket narkoba dikemas dengan hati-hati dan dibungkus atau ditempatkan di barang lain untuk mencegah petugas polisi menjadi tersangka, namun karena pelatihan rutinnya Dengan indra penciuman yang tajam, anjing K-9 dapat menemukan obat yang tersembunyi.

Ada dua jenis anjing pelacak narkoba (K-9) yang dimiliki oleh Kantor Bupati Bali Nusra dan Pajak Konsumsi. Yang pertama adalah active sniffing Mendeteksi anjing, anjing akan merespon secara aktif, seperti menggaruk atau menggigit benda yang diduga mengandung obat.

Tipe kedua adalah anjing pasif saya. Jika ia curiga ada obat yang mengendus, ia akan selalu Duduk Di Sana .

Baca: Bea Cukai Yogya Gandeng BPOM Gampang Pengisian Formulir Masuk Obat dan Makanan

“Saat ini kami punya 7 Anjing Pelacak Narkotika (K-9), termasuk 3 Anjing Aktif Anjing pelacak dan 4 Hendra menambahkan. Hendra menambahkan, perangkat K-9 merupakan salah satu perangkat yang mendukung dan membantu kepabeanan dalam menjalankan fungsinya di bea cukai. Daerah yang mengontrol arus masuk orang / penumpang dan barang dari luar negeri ke wilayah Indonesia. -Baca: Makan di pangkalan laptop, ini hadiah yang diberikan oleh bea cukai untuk warga yang terserang Covid-19

n memungkinkan Hendra menyimpulkan bahwa K-9-nya dapat dimobilisasi dalam berbagai situasi dan kondisi Tentara adalah salah satu alat investigasi paling efektif dalam memerangi perdagangan narkoba.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *