TRIBUNNEWS.COM-Di bawah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19, pihak bea cukai terus membantu dunia usaha dan masyarakat dengan memberikan berbagai insentif finansial dan prosedural. Kali ini, melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 26 / PMK.04 / 2020, bea cukai memberikan kepastian dalam penanganan pabean atas perbedaan berat dan / atau volume antara barang impor curah dan barang ekspor yang dikenai bea keluar curah. Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi (Heru Pambudi) mengungkapkan karakteristik barang curah selalu mengalami penggelembungan atau penyusutan, sehingga berat dan / atau volume yang disampaikan pemberitahuan pabean dan hasil pemeriksaan biasanya berbeda. Pejabat bea cukai, tidak ada regulasi khusus yang mengatur terkait tata cara penanganan perbedaan.

“Hal ini menyebabkan perbedaan perlakuan pabean terhadap perbedaan bobot kargo curah,” ujarnya. Heru menambahkan, kebijakan ini juga merupakan kontribusi dari asosiasi dan industri yang proses bisnisnya berkaitan dengan komoditas. Selain itu, Heru menjelaskan, ketentuan tersebut berlaku untuk penanganan bea cukai selisih berat dan / atau volume barang impor dan ekspor curah (seperti gandum, pakan, gula, minyak, dan barang kecil lainnya dalam bentuk cair, gas, atau padat). , Bubuk atau butiran.

Apabila terdapat perbedaan dalam bongkar muat, pemeriksaan fisik atau pemeriksaan pabean barang impor, dan karena faktor alam dan alasan lain, pengangkut tidak dapat menanggung kesalahan tersebut, importir / eksportir dapat diberikan perlakuan pabean tersebut. / Atau karena perbedaan metode pengukuran. Selisih yang diperbolehkan tidak melebihi 0,50% dari total berat / volume kargo impor dan ekspor curah. Heru berharap, dengan insentif ini, industri manufaktur di bidang petrokimia, migas, CPO, pupuk, pemintalan, makanan, dan industri lainnya yang mengimpor bahan baku atau mengekspor produk curah dapat menjalankan proses bisnis dengan lebih efisien dari segi waktu dan biaya. . . Selain itu, akan memberikan kepastian hukum bagi kepabeanan untuk menangani perbedaan berat dan / atau volume barang impor dan ekspor curah. Untuk pengguna layanan yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Pusat Kontak Bea Cukai di 1500225 atau melalui obrolan web langsung di bit.ly/bravobc. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *