TRIBUNNEWS.COM-Bea Cukai Blitar memusnahkan jutaan rokok ilegal, ratusan liter alkohol, dan puluhan botol cairan vaping di gudang Blitar (Rupbasan) yang disita oleh negara setingkat II, Blitar, -Rabu 22/04 .— Kepala Bea Cukai Blitar Moch Arif Seijo Noegroho menjelaskan, setelah melalui proses hukum pada 2019, semua barang yang dimusnahkan merupakan barang milik negara (BMN). Kemudian diubah menjadi barang yang dikendalikan negara (BDN). Setelah itu ditetapkan jadi BMN, ”terangnya.

– Akibat aksi tersebut, BMN merekomendasikan jika nilainya mencapai Rp 150 juta, harus dimusnahkan oleh Badan Properti dan Lelang Nasional (KPKNL). Atau nilainya melebihi 150 juta rupiah Kanwil Administrasi Kekayaan Negara (DJKN).

Barang yang dimusnahkan antara lain 2.066.051 rokok ilegal, 21 botol cairan vaping, dan 196,44 liter alkohol ilegal. Ia mengatakan: “Kerugian nasional seluruh BMN Jumlah totalnya telah melebihi Rp 1,5 miliar.

Untuk rokok ilegal, pembakaran akan menghancurkannya, sedangkan botol alkohol akan menghancurkan benda-benda berat dan menghancurkannya. “Ini merupakan kerjasama rutin antara Bea dan Cukai Blitar Blitar dan Rupbasan Blitar dalam pemusnahan komoditas,” Arif Said.

“Dalam hal ini, kami tidak melelang semua barang, kami menghancurkan semua barang, karena barang tersebut ilegal, alkohol ilegal, rokok ilegal, dan tidak ada pajak konsumsi. Kami mengimbau masyarakat untuk tidak takut atau ragu, jika mengetahui peredaran rokok dan alkohol ilegal harus segera melaporkannya karena membahayakan negara. , Ini juga dilakukan dengan menggunakan Plt. Walikota dan walikota instansi terkait. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *