TRIBUNNEWS.COM-Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi diwawancarai oleh Marshal Fadjar Prasetyo, Kepala Angkatan Udara, di markas pabean pada hari Senin, 20 Juli. Kunjungan ini merupakan langkah untuk memperkuat sinergi antara Angkatan Udara dan Bea Cukai dan memperkuat kerja sama di berbagai bidang. Helu mengatakan bahwa kerja sama antara Angkatan Udara dan bea cukai masih berlanjut dan akan mencakup wilayah kerja sama yang lebih luas di masa depan. Siapa yang akan datang. Bagian dari kerja sama yang telah dilakukan bea cukai termasuk koordinasi dalam penegakan hukum, manajemen bencana dan implementasi pelatihan keselamatan, yang merupakan pelatihan wajib bagi praktisi bea cukai dan barang-barang konsumen, dan pelatihan angkatan udara di Yogyakarta dan Malang, seperti pelatihan keahlian menembak dan senjata api. keterampilan.

Heru mengungkapkan bahwa sinergi dengan efek yang baik harus terus berkembang di masa depan. “Undang-undang yang telah diterapkan berhasil, dan kita bisa bangga akan hal itu, tetapi kita harus selalu waspada terhadap perkembangan mode operasi yang akan datang. Untuk menghadapinya, harus ada sinergi yang erat antara lembaga-lembaga pemerintah.”

Heru mengatakan bahwa ke depan, sinergi antara kedua institusi akan terus diwujudkan dan dikembangkan di berbagai bidang.

“Dengan bantuan teknologi Angkatan Udara, kami akan melakukan pengawasan bersama di bidang pajak konsumsi, bantuan dan peningkatan kapasitas melalui rencana kolaboratif pada platform penginderaan jauh di daerah yang rawan penyelundupan, dan memperkuat peran petugas bea cukai dalam patroli bersama. Serta kerja sama dalam inspeksi pabean ketika memasuki lapangan terbang Angkatan Udara, “kata Heru.

Tentu saja, untuk dapat memperkuat pengawasan, diperlukan peralatan yang sesuai, beberapa di antaranya masih perlu diimpor dari luar negeri. Oleh karena itu, bea cukai juga memberikan kemudahan pajak dalam bentuk impor bebas bea untuk tujuan pertahanan dan keamanan.

Pada kesempatan yang sama, Helu menyatakan terima kasih kepada Angkatan Udara Indonesia karena terus mendukung kegiatan penegakan bea cukai. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *